Action Script 2.0 (Play, Pause dan Stop Audio)

Membuat tombol play, pause dan stop audio pada flash terasa sulit? 
perhatikan sekumpulan kode script di bawah ini...!

//membuat variable bernama Pause dengan nilai false
Pause = false;
//membuat variable bernama Stop dengan nilai false
Stop = false;
//membuat fungsi bernama mainkanMusik
function mainkanMusik() {
            //membuat variable musik sebagai sound object
            musik = new Sound();
            //masukkan suara berlinkage musik dari panel library ke dalam variable musik
            musik.attachSound("musik");
            //ubah nilai variable Stop menjadi true
            Stop = true
}
//jika tombol pause_btn ditekan
pause_btn.onPress = function() {
            //membuat variable posisi dengan nilai pembualatan ke bawah dari posisi terakhir suara pada variable musik yang dibagi 1000
            posisi = Math.floor(musik.position/1000);
            //hentikan suara pada variable musik
            musik.stop();
            //ubah nilai variable Pause menjadi true
            Pause = true;
};
//jika tombol play_btn ditekan
play_btn.onPress = function() {
            //jika variable Stop bernilai true
            if (Stop) {
                        //mainkan suara di dalam variable musik sebanyak 999 kali
                        musik.start(0,1);
                        //ubah nilai variable Pause menjadi false
                        Pause = false;
                        //ubah nilai variable Stop menjadi true false
                        Stop = false;
            }
            //jika variable Pause bernilai true dan variable Stop bernilai false 
            if (Pause && !Stop) {
                        //mainkan suara di dalam variable musik sesuai nilai variable posisi sebanyak 1 kali
                        musik.start(posisi,1);
                        //ubah nilai variable Pause menjadi false
                        Pause = false;
            }
            //jika suara di dalam variable musik selesai dimainkan     
            musik.onSoundComplete = function() {
                        //jalankan fungsi mainkanMusik
                        mainkanMusik();
            };
};
//jika tombol stop_btn ditekan
stop_btn.onPress = function() {
            //ubah nilai variable Stop menjadi true
            Stop = true;
            //hentikan suara pada variable musik
            musik.stop();
};
//menjalankan fungsi mainkanMusik ketika swf pertama kali dijalankan
mainkanMusik();

Cara menggunakannya:
1. Buatlah sebuah project baru pada adobe flash (size terserah anda)










2. Buatlah 3 buah tombol untuk play, pause dan stop pada stage (dapat menggunakan tombol yang telah disediakan oleh flash pada menu window-common libraries-buttons (adobe flash profesional CS 6)


3. Isi kolom instance name pada setiap tombol dengan nama: play_btn, pause_btn dan stop_btn



4. Copy kode script di atas pada layer 1 frame 1 dan tekan F9 kemudian paste

5. Kemudian import file audio ke dalam library

6.Klik kanan file audio pada library pilih properties

7.Beri nama identifier dengan "musik" tanpa tanda petik, perhatikan gambar!

8.Tekan OK, dan silahkan test movie (Ctrl+Enter)

Sample klik download
Catatan:
*kode script berwarna hijau ("musik") dapat di rubah asalkan selalu sesuai dengan nama identifier file audionya
*kode-kode yang berhubungan dengan script maupun instance name sangat sensitif dengan besar kecilnya huruf

Postingan terkait:

44 Tanggapan untuk "Action Script 2.0 (Play, Pause dan Stop Audio) "

  1. trima kasih, sgt membantu sekali bos

    BalasHapus
  2. mau tanya,, kalau music di buat di frame 1 tersu kita ke frame 2 dan kemudian kembali ke frame 1 kenapa music mengulang dari awal ya? jadi music yang di play menjadi double

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gunakan cara ini, hapus dulu lagu di frame 1. Pada frame 1 klik f9 dan masukan skrip berikut

      mySound = new Sound();
      mySound.attachSound("lagu1");
      mySound.setVolume(100);
      mySound.start(0, 999);

      Kemudian, musik yg berada di library klik kanan pilih properties, pilih tab action skrip, centang kotak pertama, ganti nama identifiernya dengan kata "lagu" tanpa tanda kutip.

      Langkah trakhir, untuk tombol di frame 2 yang digunakan untuk kembali ke frame 1, tombol tsb berikan skrip berikut.

      on (release) {
      gotoAndStop(1);
      stopAllSounds();
      }

      Silahkan di coba..
      Perbedaannya, musik dipanggil melalui skrip. Dan tombol untuk kembali ditambah stopAllSounds();

      Hapus
  3. mau tanya kalo bikin banyak lagu script gimana gan dan button nya bikin lagi

    BalasHapus
  4. Banyak lagu seperti apayah gan? Kebutuhannya? untuk perpindahan tampilankah? atau dalam 1 stage bisa memutar beberapa lagu atau bagaimana?

    BalasHapus
  5. tutor di atas untuk 1 lagu gan, jika ingin banyak lagu cukup di buat ulang saja tutor di atas, misal 5 lagu berarti 5 kali membuat tutor di atas..hanya saja yg perlu di catat bedakan scriptnya..untuk stop_btn, play_btn, pause_btn...bisa jadi stop_btn1, play_btn1 dll..bebas asal format penulisannya sesuai. dan identifier pun dirubah yg asalnya"musik" bisa menjadi musik1 misalnya dll agar berbeda.. tujuannya supaya masing"script memanggil musik masing"tidak bentrok..

    BalasHapus
  6. pertanyaan saya hampir sama dengan agan darkside sidhata
    bagaimana jika saya ingin menyisipkan audio ke frame 1, sampai frame 5

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara mudahnya, untuk mengatur audio di awal/pembukaan agan masukan saja audionya ke frame 1 otomatis akan terus berputar skalipun agan pindah pindah frame.
      Catatannya hanya. Dimana agan mw stop audio tersebut?
      Caranya, misal agan mw stop audio tersebut ketika masuk frame 6. Agan atur saja dengan menggunakan button. Di frame 5 pasti agan membuat button untuk berpindah ke frame selanjutnya betul? Misalnya pindah ke frame 6. Nah, button tersebut agan double klik hingga muncul frame up over down..
      Agan klik di bagian down lalu agan liat propertiesnya/pengaturan akan muncul pengaturan sound. Agan tinggal pilih judul audio yg agan masukan tadi dan pilih stop.
      Selesai.
      Secara logika, frame down adalah posisi button ketika di tekan. Jadi mksdnya.
      Ketika button di frame 5 tersebut ditekan, maka audio dengan judul...stop.
      Dan sperti biasa menjalankan action akan berpindah ke frame 6...atau sesuai script yg sudah agam tentukan sebelumnya..
      Jika ingin ganti audio baru di frame 6. Agan masukan saja audio barunya di button frame hit stelah down di frame 5 td..
      Ingat di button frame 5 ada up over down hit.
      Td, down memasukan perintah stop sound/audio nah di hit masukan sound baru utk frame berikutnya...
      Semoga di pahami..
      Kuncinya atur audio dengan tombol.. Utamnya pada down dan hit..

      Hapus
  7. Mas sya audah coba tutorialnya button pause sma stop nya bsa tpi play nya kok gk bsa ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek lg instance name pada tombol play mas, jika seperti saya menggunakan nama play_btn cek juga di script nya mas tulisannya harus sama persis. Jika berbeda kapital saja atau terspasi tidak akan jalan mas..
      Cocokan antara instance name button play dengan scrip yg saya berikan

      Hapus
  8. mau tanya biar autoplay awalnya gimana ya? terus bisa di paus dan play lagi ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin, bisa dicoba variabel stop=true di ubah menjadi stop=false

      Hapus
  9. Gan kenapa gak ada suara padahal script nya udah betul gak ada eror

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di bagian identifier coba di periksa kmbali, pada script di atas yg berwarna hijau jika namanya tetap musik. Sesuaikan juga pada penamaan audio yg hendak dipanggil..
      Hrus sama persis yah gan. Besar kecil huruf dan tanpa tnda kutip

      Hapus
    2. Pada langkah nomor 7. Mungkin terdpt kslhn coba dperiksa kmbali.

      Hapus
  10. Gan gimana cara masukin satu background keseluruhan scene
    Makasii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat background pada layer terpisah, misal layer 1 materi, layer 2 background.
      Agar materi backgroundnya sama, tinggal klik di frame akhir yg di inginkan. Misal, layer 1 materi akhir framenya sampai frame 25. Maka layer 2 background klik di frame 25 juga, klik kanan dan plih insert keyframe. "Kuncinya sesuaikan panjang framenya"

      Hapus
  11. Balasan
    1. Tidak jauh berbeda seperti ini caranya
      http://berbagipena.blogspot.co.id/2015/11/memasukan-audio-di-flash-cs-6.html?m=1

      Hapus
  12. Oh backsound.
    Tinggal masukkan saja audionya diframe 1 saja, otomatis akan terus berputar sampai habis.
    Mudahnya tinggal drag audionya ke dalam stage.

    BalasHapus
  13. Kalau misalnya ingin membuat sound on dn of satu, jdi jika diklik musik bunyi dn diklik lg lagu mati bagaimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru bls, untuk membuat 1 button 2 fungsi sdkit sulit, mudahnya bisa dicoba buat saja 2 button yg sama pada 2 frame, frame 1 dan frame 2. Buttonnya dibuat sama persis termasuk background posisi yg tdk bergeser. Bisa dengan copy button di frame 1 kemudia klik kanan paste in place di frame 2 agar benar"pas.
      Jd ketika selesai seakan 1 button. Padahal 2 button.

      Untuk perintahnya seperti biasa, di frame 1 double klik buttonnya, dan pada frame Down masukkan audionya.
      Sedangkan untuk button di frame 2 pada bagian down masukkan action,on (release) { stopAllSounds();
      }

      Hapus
    2. Terlewat, button di frame 1 selain memasukkan audio pada down. Masukkan juga action on (release) { gotoAndStop(2);
      }
      Pada button.

      Hapus
  14. permisi bos mau nanya , gimana cara membuat beberapa button yang berisikan berbeda beda sound , terus ketika di klik suaranya tidak bertimpa timpa
    terima kasih

    BalasHapus
  15. Coba pada postingan sebelumnya gan..
    http://berbagipena.blogspot.com/2015/12/fungsi-button-2-suara-tidak-bertabrakan.html

    smga bermanfaat...

    BalasHapus
  16. Bos mw tanya gmna cara mengatur backsound antar scene,klok stiap scene dibedakan backsoundnya,dn gmna jg cranya agar tidak saling bertabrakan suara backsound satu dan backsound lainya?

    BalasHapus
  17. Bagi file fla nya dong bang yang semisal ada 2 frame dengan suara yg berbeda ada play dan pausenya..
    Dam ketika suara hidup pas pinda ke frame 2 otomatis mati.. Tanpa pause.. Boleh gak bang semoga lancar rezkinya bang..
    Mw buat suara narasi antar frame mengunakam pause dan play

    BalasHapus
  18. Bagi file fla nya dong bang yang semisal ada 2 frame dengan suara yg berbeda ada play dan pausenya..
    Dam ketika suara hidup pas pinda ke frame 2 otomatis mati.. Tanpa pause.. Boleh gak bang semoga lancar rezkinya bang..
    Mw buat suara narasi antar frame mengunakam pause dan play

    BalasHapus
  19. Bagi file fla nya dong bang yang semisal ada 2 frame dengan suara yg berbeda ada play dan pausenya..
    Dam ketika suara hidup pas pinda ke frame 2 otomatis mati.. Tanpa pause.. Boleh gak bang semoga lancar rezkinya bang..
    Mw buat suara narasi antar frame mengunakam pause dan play

    BalasHapus
  20. saya mau nanya dong kalau on/offnya jadi satu bagaimana scriptnya misalkan saya pencet on kalau saya pencet bottonnya lagi jadi off terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ikuti cara di blog ini gan
      http://anggakent.blogspot.com/2011/04/tutorial-membuat-tombol-onoff.html?m=1#.XTTt7hgxeyU

      Hapus
  21. mantap thanks. semoga menjadi orang sukses

    BalasHapus
  22. boleh bagi fla nya ganssssss......
    plisss ...buat referensi ajajajajaja ....wa saya 085866787045

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh, download di link ini saja..
      http://www.mediafire.com/file/5bmf6numw486bq0/PlayPauseStop.fla/file

      Hapus
  23. mau tanya, jika saya punya video di flash dan pada saat saya pakai tombol pause dimusik bgnya kok tiba2 video ikut kepause juga ya? bagaimana caranya kalau video itu di play tapi pas saya pause musik bgnya, videonya ga ikutan juga? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Action script utk tombol pausenya sperti apa? Seperti cara di atas?

      Hapus
  24. Saya mau tanya untuk menambahkan backsound ke semua scene action script nya gmn ya...? Saya scenenya Ada 7 problem punya saya dibagian scene 6 saya mau klik ke frame isi backsound tidak bunyi.

    BalasHapus
  25. mau tanya, saya buat 7 scene, yang mau saya tanyakan di scene 1 ada suara backsound, diklik tombol navigasi untuk berpindah ke scene 2, di scene 2 saya stop backsoundnya karena menampilkan video sehingga suara tidak bertabrakan, agar diklik tombol navigasi masuk ke scene 3 backsound bisa bunyi lagi gimana ya caranya? saya pakai adobe flash CS6, action script 02. action scriptnya gimana ya kalau problemnya seperti ini. mohon bantuan dan penjelasannya. terima kasih

    BalasHapus
  26. mau tanya, saya buat 7 scene, yang mau saya tanyakan di scene 1 ada suara backsound, diklik tombol navigasi untuk berpindah ke scene 2, di scene 2 saya stop backsoundnya karena menampilkan video sehingga suara tidak bertabrakan, agar diklik tombol navigasi masuk ke scene 3 backsound bisa bunyi lagi gimana ya caranya? saya pakai adobe flash CS6, action script 02. action scriptnya gimana ya kalau problemnya seperti ini. mohon bantuan dan penjelasannya. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk kasus di atas mengatur sound yg spesifik sebaiknya menggunakan script namun biasanya script cukup panjang, agar bisa play, pause, stop bisa menggunakan cara di artikel ini, file .fla sudah bisa d download di atas. Pasang 3 button ini pada setiap scane, agar setiap backsound pada stiap scane bisa di atur sesuai keinginan user.

      Utk cara mudah..
      Button di scene 2, double klik sampe muncul menu up over down hit.
      Pada bagian down, masukkan backsound sperti di scene 1.

      Fungsinya.
      Ketika button di scane 2 di tekan (down) akan berpindah ke scene 3 dan menyalakan backsound.

      Kelemahannya backsound akan memutar dr awal. Bukan sperti fungsi pause.

      Smga bermanfaat.

      Hapus