Membuat Cover Majalah Menggunakan Corel Draw

Dalam membuat cover buku maupun majalah software yang biasa digunakan adalah Corel Draw, karena Corel Draw dinilai lebih efektif dan mudah dipelajari apalagi bagi mereka yang senang menggambar/desain. Agar tidak terlalu berat kita gunakan corel draw versi X4.
Langsung saja, pahami tips-tips pada tutorial berikut ini..
1. Buatlah sebuah project baru pada corel draw, dengan cara klik file, new atau klik new blank document
2. Atur size kertas/project, dan satuan units (cm). Umumnya untuk membuat cover majalah adalah ukuran A4 (Kuarto). Karena akan membuat 2 muka, maka ukuran lebarnya tinggal dikalikan 2 + 1cm untuk space ketebalan majalah. langsung saja lihat gambar!
 
3. Seperti biasa, drag dari sudut kiri atas penggaris menuju kertas kerja agar titik koordinat menjadi (0;0)
 
4. Buatlah garis bayang untuk membuat space 1 cm ketebalan majalah, caranya tinggal drag dari penggaris sebelah kiri sesuai kebutuhan.
 

5. Atur kertas kerja agar nyaman dipandang, dengan cara klik to fit/to page pada menu zoom.

6. Masukan foto/gambar majalah yang hendak dibuat, biasanya foto/gambar berkaitan dengan tema majalah. tips carilah ukuran yang cukup besar dengan kualitas baik agar gambar/foto terlihat tajam.












7. Drag gambar memenuhi lembar kerja, sehingga menjadi background

8. Buatlah teks judul utama pada muka depan majalah menggunakan text tool, tips gunakan font yang unik tersedia banyak di internet secara gratis. 
 
9. Mulai gunakan efek-efek teks ringan seperti contour pada tool box, ingat setiap kali membuat efek seleksi terlebih dahulu objeknya (klik tulisannya) menggunakan pick tool.











10. Untuk mempercantik, gunakan basic shape berbentuk segitiga dan tuangkan pada ujung kiri atas muka awal (cover depan) beri warna sesuka anda...


11. Untuk memberikan efek hidup gunakan drop shadow pada tool box, ingat setiap kali memberikan efek seleksi atau klik terlebih dahulu objeknya.










Silahkan pilih efeknya. contoh:












12. Selanjutnya, ini adalah bagian terpenting. Buatlah tulisan-tulisan sesuai kreatifitas/kebutuhan contohnya:











Sebenarnya mudah, anda tinggal buat teks demi teks dan berikan efek-efek contour atau drop shadow seperti pada langkah-langkah sebelumnya..
yang perlu diperhatikan biasanya pada majalah terdapat kode ISSN, karena kita hanya berlatih silahkan buat angka sesuka anda (tulisan yg dilingkari merah)
13. Berikutnya, kita akan coba membubuhkan barcode, seperti biasa cantumkan angka sesuai keinginan karena hanya untuk latihan... pilih menu edit, insert barcode.
 
kemudian akan muncul kotak berikut:











Pilih standar format EAN-13 dan masukan nomor sesuka anda biasanya diawali kode negara 899 untuk indonesia, jika sudah tinggal next, next dan finish. maka akan muncul sebuah kotak barcode aturlah posisinya sesuai keinginan, lazimnya di bawah....











14. Sekarang kita percantik sedikit bagian belakang cover menggunakan rectangle tool dengan cara mendrag buatlah persegi panjang atau sesuka anda, kemudian beri warna.

 15. Selajutnya, beri efek tranparency pada tool box, ingat seleksi duluya objekya...














Pilih linear pada menu transparency di kiri atas.
16. Berikutnya, buat teks kembali, tambahkan foto/gambar dll. dan beri efek sesuka anda. Sebagai contoh:


17. Trakhir, bisa anda group terlebih dahulu dengan cara seleksi seluruh lembar kerja dan tekan bersamaan Ctrl+G, save untuk menjadikan dokumen.cdr (corel) atau pilih file, export untuk menjadikannya format bitmap (jpg,png dll.)
Tips dan Trik:
* Yang terpenting ingat cara memberi efek teks terutama tranparency, contour, drop shadow, penggunaan basic shape dan membuat teks dan barcode sebagai tambahan...
*Pada saat membuat besarkan ukuran zoom agar lebih mudah dan detail
*Bila gambar kurang begitu jelas klik pada gambar
* Coba berlatih dengan kreasi anda sendiri...
Download filenya disini


Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Membuat Cover Majalah Menggunakan Corel Draw"